Team work merupakan pondasi suatu bisnis. Sukses tidaknya bisnis akan bergantung pada kondisi team worknya. Definisi Team work adalah kerja tim, yaitu serangkaian sikap dan perilaku dari orang-orang yang tergabung dalam sebuah tim. Team work inilah yang nantinya akan menentukan perjalanan dari suatu bisnis.

Manfaat yang diperoleh dengan adanya Team work antara lain, dalam hal pemecahan masalah. Adanya team work membuat suatu bisnis menjadi lebih cepat dan lebih baik dalam mengambil keputusan. Hal ini akan diperoleh dari kerja tim yang baik. Pada dasarnya keputusan yang diambil dari pemikiran banyak orang hasilnya lebih baik dibandingkan pemikiran dari satu orang, dengan catatan adanya rasa saling menghargai pendapat orang lain dan tidak egois.

Manfaat kedua adalah dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Suatu pekerjaan akan selesai dengan cepat jika dikerjakan secara bersama-sama. Tim yang baik akan membagi setiap pekerjaan kepada seluruh anggota timnya sesuai dengan kemampuan anggota masing-masing. Selain pekerjaan menjadi lebih cepat selesai, masing-masing anggota tim juga dapat menunjukkan potensi yang ia miliki untuk mengembangkan bisnisnya.

Manfaat yang ketiga dari sebuah Team work adalah adanya persaingan yang sehat di dalam suatu bisnis. Persaingan ini akan memotivasi setiap anggota tim untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin, sehingga ia dapat menunjukkan bahwa ia merupakan anggota tim yang unggul. Hal ini tentunya tidak hanya menimbulkan dampak positif pada diri karyawan itu sendiri, tetapi juga bagi kehidupan bisnis yang dijalankan.

Team work juga memiliki manfaat untuk mengembangkan hubungan internal dalam suatu bisnis. Adanya koordinasi antar anggota tim, akan menimbulkan terbentuknya tim yang solid. Hal ini tentunya akan mengurangi timbulnya konflik di dalam perusahaan. Sehingga diharapkan adanya team work yang baik akan membuat bisnis dapat terus berlanjut, tanpa adanya konflik dari dalam perusahaan.

Adanya kerja tim juga akan membantu dalam membentuk kualitas masing-masing karyawan. Biasanya di dalam suatu Team work dilakukan pembagian kerja, dari situlah perusahaan menjadi tahu, mana karyawan yang berpotensi, dan mana yang kurang. Sehingga hal tersebut membuat masing-masing karyawan berlomba-lomba menunjukkan potensi yang ia miliki.

Pentingnya Team work dalam suatu bisnis, memunculkan keinginan untuk bisa membentuk team work yang berkualitas. Cara yang dapat dilakukan antara lain dengan memilih anggota tim yang berkualitas. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membentuk suatu tim adalah mengenai kualitas anggota tim. Suatu tim yang dibentuk harus memiliki pemimpin yang berkompeten dan anggota yang bisa mendukung bisnis agar berjalan dengan baik.

Selanjutnya, satukan tujuan yang ingin dicapai. Suatu tim harus memiliki tujuan dalam bekerja. Hal ini akan membantu memotivasi seluruh anggota untuk bisa bekerja sesuai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Team leader harus mampu menggerakkan seluruh anggotanya untuk bisa bekerja sama mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Tumbuhkan rasa kebersamaan dan kepercayaan di dalam sebuah tim. Terciptanya rasa kebersamaan dan kepercayaan antar anggota tim, dapat mendukung terciptanya tim yang solid. Rasa percaya akan membuat mereka mau bekerja sama, membangun bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga diharapkan mampu mencapai tujuan dengan cepat.

Selalu melakukan perbaikan dan evaluasi secara periodik. Hal dilakukan untuk mengukur sudah sejauh mana kondisi bisnis yang sudah kita jalankan. Selain itu juga untuk mengetahui apakah Team work yang dibentuk selama ini sudah berjalan secara optimal. Serta untuk mengetahui hal apa saja yang harus diperbaiki, khususnya di dalam team work itu sendiri, agar dapat bekerja dengan baik.

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa Team work adalah penentu kesuksesan suatu bisnis. Suatu bisnis dapat bertahan lama jika memiliki team work yang solid. Oleh sebab itu, dalam pembentukan team work harus diperhatikan kinerja anggotanya. Orang-orang yang berada di dalam suatu team work harus memiliki rasa kebersamaan, agar bisa bekerja sama membangun dan mengelola bisnis yang sedang berjalan. Sehingga bisnis dapat bertahan lama.

Salam Pencerahan!


ABOUT THE AUTHOR TOM MC IFLE

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.


Artikel : Link

Image : Google