Banyak anak muda sekarang yang bergantung pada orang tua. Merasa orang tuanya mampu, mereka hidup bersenang-senang dan berleha-leha. Padahal hidup tidak selamanya semudah yang mereka bayangkan. Tanpa persiapan yang matang, sekalipun orang tuanya pengusaha, belum tentu nanti mereka juga bisa menjalankan usaha warisan orang tua mereka.

Ada baiknya kita belajar dari seorang Gibran Rakabuming. Siapa dia? Saat ini namanya tentu telah meroket sejak bapaknya terpilih sebagai presiden negeri ini. Namun sejatinya Gibran adalah seorang pengusaha muda yang tak pernah ingin menggunakan embel-embel nama ayahnya sebagai jalan kesuksesannya. Ia ingin Sukses di atas kakinya sendiri.

Jika Ia mau, Gibran bisa saja melanjutkan bisnis furniture milik bapak Joko Widodo, namun hal itu tidak dilakukannya. Gibran justru merintis bisnisnya sendiri di bidang catering dan wedding organizer. Chili Pari, begitu ia menamai bisnisnya. Saking ingin menjaga kemandiriannya, Gibran bahkan menolak order dari pemerintah Solo yang saat itu Joko Widodo menjadi walikotanya. Dia benar-benar ingin membuktikan bahwa tanpa memakai embel-embel nama bapaknya, Ia bisa Sukses.

Saat mencari pinjaman modal untuk membesarkan bisnisnya, Gibran mengajukan pinjaman ke bank lagi-lagi tanpa bantuan sang ayah. Dengan business plan yang matang dan tekad yang kuat, dia pun berhasil meyakinkan pihak bank dan Chilli Pari berkembang dengan pesat. Banyak order datang dan kini namanya semakin besar.

Chilli Pari didirikan pada tahun 2010 dengan mengusung moto; Traditional Taste, Modern Touch. Dari moto itu kita bisa menyimpulkan bahwa konsep yang diangkat oleh Chili Pari adalah tetap mengusung nilai dan cita rasa tradisional, namun dikemas dalam paket modern yang menarik. Dengan moto inilah Chilli Pari berkembang menjadi catering dan wedding organizer pilihan di daerah Solo dan sekitarnya.

Sukses
Selain pilihan masakan yang lezat dan halal, Chili Pari juga menawarkan One Stop Wedding Solution. Chili Pari memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan wedding organizer secara komplit, dari gedung pertemuan, dekorasi, souvenir, undangan, hiburan, mobil pengantin, MC, hingga rias pengantin. Calon pengantin dijamin tidak perlu pusing dan ribet, tinggal beberkan konsep yang dimiliki, dan biarkan Chili Pari yang menjalankan semuanya.

Setelah Sukses dengan Chili Pari, Gibran Rakabuming tidak berhenti di sini. Gibran melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka Markobar. Martabak manis aneka rasa yang kini sudah memiliki 9 outlet di berbagai kota di Indonesia ini menjadi sayap bisnis Gibran lainnya. Selain itu, Gibran juga mulai memperlebar bisnisnya dengan menu Cakar Ayam.

Gibran menyatakan bahwa kuliner merupakan passionnya. Ia sudah senang memasak sedari dulu, maka tidak heran jika ia sangat menjiwai bisnis ini. Gibran juga mengungkapkan agar tetap bertahan dalam bisnis ini maka diperlukan inovasi dan kreativitas dalam produk dan promosi.

Salam Pencerahan!

TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia


Artikel : Link

Image : Google