Masalah yang paling banyak dihadapi oleh pebisnis start up di Indonesia adalah permodalan. Tanpa modal mereka tidak bisa berkreasi dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Meskipun bukan faktor mutlak tapi modal ini jadi sangat penting pada jenis bisnis tertentu. Seperti pada bisnis manufaktur atau kuliner yang tentu membutuhkan bahan baku untuk memulainya.

Membiayai sendiri, Hutang dan investor bisa menjadi salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis. Dilansir dari Techinasia.com setidaknya ada 82% yang membiayai bisnisnya sendiri dan hanya 1% startup yang mendapatkan pendanaan dari Venture Capital. Tapi sayangnya mendapatkan kredit dan investor di Indonesia cukup sulit di lakukan. Sehingga sisanya 82% dari start up memilih menggunakan modal sendiri dengan berbagai upaya.

Tahukah Anda, ternyata metode ini sebenarnya ada teorinya. Mengumpulkan modal sendiri dengan cara kreatif untuk mendapatkan uang sebagai pondasi bisnis yang lebih besar. Dikenal dengan strategi Bootstrapping.

Bootstrapping dilakukan oleh para pebisnis baru yang kekurangan modal untuk memulai bisnisnya. Dia harus mengandalkan uangnya sendiri, dari keluarga atau teman yang mau membantunya. Mereka akan memaksimalkan pendapatan perusahaan untuk diputar kembali menjadi modal utama. Bahkan tidak banyak yang melakukan bisnis kecil lain agar bisa mendapatkan uang sebagai bantuan modal bisnis yang lebih besar.

Cara ini terbilang sangat efisien di era Baru 2017. Apalagi dengan adanya teknologi dan system informasi yang sangat berkembang pesat menjadikan semua orang berpeluang sama untuk menciptkan peluang. Kini Anda bisa menjual satu produk ke seluruh penjuru nusantara bahkan dunia tanpa memiliki website, hanya menggunakan sosial media atau marketplace.

Masih ingat pendiri AirBnB, Brian Chesky dan co-foundernya yang melakukan bootstrapping dengan menjual kotak sereal unik dengan tema konvensi Nasional Demokrat tahun 2008 lalu. Sereal unik yang dibuatnya disebut dengan nama Obama O’s dan Cap’n McCain’s. Saat itu bisa laku mencapai 600 kotak dan memperoleh penghasilan bersih 30.000 dollar AS.

Keterbatasan modal bukan jadi alasan menjadikan bisnis semakin besar. Selain pendiri AirBnb, strategi bootstrapping juga sudah terbukti dilakukan oleh kebanyakan bisnis besar seperti Apple, Microsoft, HP dan Dell Computer. Semua dari mereka memulai dari hal kecil dan dana pribadi yang sangat terbatas.

Apa Keunggulan bootstrapping?

Bagi anda yang tengah memulai atau akan memulai bisnis tapi terhalang pada pendanaan yang minim atau tidak adanya investor, bisa menggunakan sistem ini. Keunggulan dari bootstrapping dibandingkan dengan investor atau menggunakan kredit diantaranya adalah :

1. Merdeka dalam hal sistem

Menjalankan strategi boostrapping ini sangat mentungkan dari segi penguasaan bisnis. Ada akan merdeka untuk mengarahkan dan mengatur sistem bisnis sedemikian rupa, sepenuhnya menjadi hak Anda. Berbeda dengan adanya investor yang kadang justru menghambat pengambilan keputusan strategis.

2. Pondasi keuangan lebih kuat

Karena keuangan sudah dipupuk dari awal dengan prinsip menghasilkan terlebih dahulu dan mengeluarkan lagi kemudian. Tentu hasilnya berbeda dengan menggunakan dulu baru menerka pengeluaran kemudian. Mereka yang menjalani bootsrapping pasti akan sangat matang dalam menata keuangan perusahaan.

3. Terfokus pada core bisnis

Bisnis yang fokus tentu yang akan memenangkan persaingan bisnis. Jika fokus pada core tentu lebih baik dibandingkan fokus pada profit. Profit bisa saja menghasilkan besar tapi tidak jangka panjang, tapi dengan fokus pada core akan memberikan hasil lebih baik jangka panjang.

Misalnya anda dikejar debt collector untuk membayar tagihan kredit, tentu fokus akan terpecah dan keputusan lebih memilih fokus profit dibandingkan core bisnis. Alhasil jangka panjang bisnis menjadi rapuh.

4. Tidak ada bunga berkembang yang membebani setiap bulan

Ini sudah jelas, jika melakukan pendanaan sendiri meskipun terseok-seok di awal waktu pasti akan lebih bebas dan tenang menjalaninya. Tidak ada bunga berkembang karena kredit setiap bulan yang selalu membebani. Karena pada dasarnya bisnis itu fluktuatif, tagihan bulanan yang kacau bisa menjadikan utang anakan yang semakin banyak.

Bagaimana melakukan bootstrapping? Ini jadi pertanyaan besar bagi para pemula bisnis yang paling sering dilakukan. Berikut ini berbagai cara kreatif dan efisien menggunakan strategi bootstrapping di era Baru :

1. Memanfaatkan bisnis musiman sebagai proyek sampingan

Seperti contoh tadi, anda bisa melakukan tahap bootstrapping dengan bisnis yang berbeda. Ini bisa jadi proyek sampingan. Lalu mengumpulkan hasilnya untuk membangun bisnis yang lebih kuat. Seperti Brian Chesky dan teamnya yang bisa memanfaatkan bisnis musiman ketika tengah ramai pemilu. Sehingga lebih mudah memasarkan dan akan terjadi maksimal profit meski setelah pemilu usai produk tidak akan laku lagi.

2. Menggunakan teknologi unboundaries

Menjalankan bisnis saat ini sangat dimudahkan dengan adanya teknologi. Anda bisa memasarkan produk apapun hanya dalam hitungan detik bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia. Untuk menjalankan Bootstrapping dengan cepat dan efisien anda perlu menggunakan teknologi agar menjangkau tempat dengan cepat dan tanpa batas.

3. Maksimalkan kreativitas

Bootstrapping tidak membutuhkan modal dan tenaga banyak, hanya butuh kreativitas. Menemukan celah pasar, lalu mengisinya dengan sebanyak mungkin produk agar keuntungan maksimal. Yang dipikirkan bukan jangka panjang, melainkan jangka pendek. Untung cepat, banyak dan maksimal. Hanya kreativitas yang bisa mendukung ini.

4. Memaksimalkan sumberdaya dan keuntungan

Kuncinya ada di sini, keuntungan dan sumber daya yang dimaksimalkan. Memaksimalkan keuntungan bisa dilakukan dengan penetrasi pasar seluas mungkin dan menemukan harga produk paling cocok. Sedangkan sumberdaya bisa dimaksimalkan dengan menggunakan semua media pemasaran, online, offline, dan penggunaan relasi sebaik mungkin.

5. Jangan mengeluarkan banyak modal untuk bootstrapping

Bukan berarti bahwa bisnis yang menjalankan bootstrapping adalah miskin. Justru dampak yang dihasilkan sangat luar biasa. Mereka akan mendapatkan insting manajemen dan memaksimalkan profit karena telah teruji dan terukur.

Strateginya, agar metode ini berjalan efisien tanpa membebani hutang atau pengeluaran yang terlalu besar adalah dengan meminimalisir pengeluaran. Bootstrapping tidak didesain untuk membutuhkan pengeluaran banyak, tapi sebaliknya. Hasil banyak dengan pengeluaran sedikit untuk jangka pendek.

Bahkan sekelas Warren Buffet mengatakan bahwa saat ini adalah waktu paling ideal untuk menjalani bootstrapping bagi startup karena bisa mengadopsi brick and mortar (model bisnis konvensional) seta memadukan dengan teknologi digital. Alhasil lebih mudah dilakukan untuk mencapai keuntungan tak terbatas.

Semoga bisnis anda bisa melesat jauh lebih dengan bantuan sistem Bootsrapping ini.

 

Salam pencerahan,

Tom MC Ifle



Article source  : http://topcoachindonesia.com/strategi-bootstraping-untuk-start-up/

Picture source : by google