1. Bidang bisnis

Pilihlah bidang bisnis yang memiliki kestabilan prospek tanpa bergantung pada waktu. Trend bisnis memang selalu mengalami pergantian dalam periode waktu tertentu. Sebenarnya bukan berganti namun berputar modelnya. Terdapat 2 bidang yang akan selalu dibutuhkan serta mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, yakni kuliner dan fashion. Keduanya merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi.

Pantau kondisi pasar untuk mengetahui apa yang saat ini sedang diminati banyak orang. Hindari ikut terjun ke bisnis yang sama dengan mayoritas pengusaha sukses ketika itu. Anda hanya akan menambah jumlah kompetitor atau pesaing saja. Trend pasti akan segera berubah karena pelanggan bosan terhadap produk sejenis.

Tangkap kejenuhan pelanggan dengan cara menghadirkan angin segar bagi mereka. Ketepatan dan kecepatan Anda membidik produk yang sesuai selera banyak orang itulah awal dari kesuksesan. Strategi penemuannya bisa dilakukan melalui wawancara singkat ke beberapa target. Tidak perlu secara langsung dan satu per satu, manfaatkanlah media sosial milik Anda.

2.Sistem pemasaran

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa Bisnis Kecil dapat berkembang cukup dengan satu pelaku, yaitu Anda sendiri. Setelah penentuan produk berhasil, pasarkan menggunakan bantuan gadget. Beragam aplikasi bisa dijadikan wadah bertemunya penjual, distributor dan pembeli. Pilih beberapa agar lebih fokus menjalankan bisnis, misalnya group di bbm dan facebook.

Perankan diri Anda sebagai pemasok atau agen produk pilihan tersebut. Jadi, tugasnya ialah memasarkan produk yang diambil langsung dari produsen. Jangan gunakan pihak kedua untuk memperoleh barang dagangan karena harga yang ditawarkan pasti lebih tinggi. Rangkul reseller sebagai mitra kerja sehingga Anda tidak perlu berhubungan aktif dengan pelanggan.

Perbanyak reseller agar jumlah produk yang terjual semakin meningkat. Mitra kerja tersebut mempersingkat waktu penjualan. Barang yang diambil dari Anda berjumlah banyak karena akan disalurkan kembali ke pelanggan nantinya. Pembayaran di muka lebih baik untuk menghindari penipuan.

3.Keahlian khusus

Kemampuan berkomunikasi mutlak Anda harus kuasai, baik dengan produsen atau pun reseller. Ini ialah modal untuk mengembangkan Bisnis Kecil menjadi berpenghasilan besar. Kuntungan yang diperoleh bersumber dari selisih harga yang diberikan produsen dan patokan nilai jual ke reseller. Hadirkan rantai bisnis yang menguntungkan bagi semua pihak agar kerjasama dapat berjalan lama.

Pemilihan bahasa baku tetapi tidak kaku supaya mengakrabkan suasana. Respon secara cepat saat pihak lain membutuhkan Anda. Jika sedang tidak bisa diganggu, maka kabarkan kepada mereka jauh-jauh hari sebelumnya. Awali menggunakan kata maaf dan tutup dengan ucapan terima kasih. Hormati dan hargailah  rekan bisnis, jaga sopan santun ketika menjalin komunikasi.

4.Pengelolaan keuangan

Ketiadaan pekerja menuntut Anda untuk sigap dan tanggap di setiap kegiatan, termasuk merincikan pemasukan dan pengeluaran bisnis. Catat semua nominal yang masuk, lengkapi dengan tanggal penerimaan dan sumber. Berlaku sebaliknya, sertakan kuitansi untuk transaksi yang telah dibayar tunai. Jika melalui transfer, catatlah kodenya.

Bukukan keuangan bisnis, kerapian data mempermudah Anda untuk mengecek aliran dana. Sajikan jumlah barang terjual dalam bentuk grafik guna mengontrol adanya peningkatan, stagnan atau justru mengalami penurunan. Upayakan meningkat meski nilainya kecil, caranya yakni perluas pangsa pasar. Reseller luar kota juga bisa Anda rekrut. Kecanggihan alat komunikasi dan sistem pembayaran memungkinkan Bisnis Kecilmelesat jauh tanpa batas.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– Rahasia Sukses menjalankan Bisnis Rumahan
– 6 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan
– 5 Bisnis Indonesia yang Mendunia
– Trend Bisnis 2015 paling banyak dilakukan Pemula
– Bisnis Usaha Paling Populer di Kalangan Mahasiswa

Salam Pencerahan,
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur


Article : Link

Image : Google