Suatu proses penelitian laporan keuangan beserta unsurnya yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memprediksi kondisi keuangan perusahaan serta juga mengevaluasi hasil yang telah dicapai perusahaan pada masa lalu dan sekarang disebut sebagai analisis keuangan.  Selain itu, juga dapat disebut dengan suatu hubungan antara satu angka dalam laporan keuangan dengan angka yang lain yang mempunyai makna untuk menjelaskan arah perubahan pada suatu fenomena.

Angka-angka di dalam laporan keuangan akan mempunyai sedikit arti apabila dilihat secara sendiri-sendiri, tetapi dengan analisis  keuangan maka akan lebih mudah dalam menginterprestasikannya. Berikut ini ada beberapa peranan analisis laporan keuangan, antara lain :

Manfaat analisis keuangan

Analisis keuangan sangat berarti agar proses cash flow perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini berbagai manfaat dari adanya analisis keuangan bagi sebuah perusahaan.

  • Untuk mengetahui hubungan di antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain, baik pada satu laporan keuangan ataupun antar laporan keuangan. Sehingga jika terjadi kelemahan di dalam satu atau beberapa perusahaan pada laporan keuangan, maka akan diambil suatu tindakan untuk memperbaikinya.
  • Untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Seperti harta, kewajiban dan modal atau hasil usaha yang telah dicapai dalam beberapa periode.
  • Untuk mengetahui beberapa kelemahan yang dapat menjadi kekurangan suatu perusahaan.
  • Untuk mengetahui beberapa kekuatan yang dimiliki suatu perusahaan.
  • Untuk mengetahui langkah perbaikan yang perlu untuk dilakukan, yang berkaitan dengan posisis keuangan di perusahaan pada saat ini.
  • Dapat memberikan suatu informasi yang lebih luas dan lebih dalam dari pada informasi yang terdapat pada laporan keuangan biasanya.
  • Dapat menggali beberapa informasi yang tidak tampak secara kasat mata dari suatu laporan keuangan atau yang berada dibalik laporan keuangan tersebut.
  • Dapat mengetahui beberapa  kesalahan yang terdapat dalam laporan keuangan serta dapat membongkar hal yang mempunyai sifat konsisten dalam hubungannya dengan suatu laporan keuangan ataupum kaitannya dengan informasi yang dapat diperoleh dari luar perusahaan.
  • Dapat menentukan sebuah peringkat perusahaan menurut kriteria tertentu yang sudah dikenal di dalam dunia bisnis.
  • Dapat membandingkan situasi perusahaan satu dengan perusahaan yang lain pada periode sebelumnya atau dengan standart industri normal maupun standart yang ideal.
  • Dapat memahami situasi dan juga kondisi keuangan, hasil usaha serta struktur keuangan pada suatu perusahaan.
  • Dapat untuk memprediksi potensi yang mungkin akan dilakukan perusahaan di masa yang akan datang.
  • Dapat memberikan suatu informasi yang diinginkan oleh para pengambil keputusan.
  • Untuk melakukan penilaian suatu kinerja manajemen pada masa datang, apakah perlu dilakukan penyegaran atau tidak.
  • Dapat digunakan sebagai pembanding perusahaan satu dengan perusahaan yang sejenis tentang hasil yang telah mereka capai.

Tujuan analisis keuangan

Pada dasarnya setiap kegiatan manajemen memiliki tujuan untuk mendapatkan sesuatu. Begitu pula dengan analisis keuangan, berikut ini berbagai tujuan dari analisis keuangan yang harus dilakukan oleh perusahaan Anda.

  • Screening – Analisis dilakukan dengan cara melihat analisis keuangan dengan tujuan untuk memilih suatu kemungkinan investasi atau merger
  • Forcasting – Analisis dipakai untuk meramalkan suatu kondisi keuangan perusahaan dimasa yang akan datang.
  • Diagnosis – Analisis bertujuan untuk melihat kemungkinan adanya beberapa masalah yang terjadi baik di dalam manajemen operasi, keuangan maupun masalah yang lain.
  • Evaluation – Analisis dilakukan untuk menilai suatu prestasi manajemen, operasional dan juga efisiensi. Sehingga dapat mengevaluasi hasil kinerja pada perusahaan tersebut.
  • Understanding – Dengan melakukan suatu analisis keuangan, informasi mentah yang dibaca pada laporan keuangan akan menjadi lebih luas dan juga lebih dalam. Sehingga dapat lebih dimengerti.

Itulah beberapa peran analisis keuangan dalam suatu perusahaan. Untuk menjadi perusahaan yang berkembang, seorang pemimpin harus dapat mengatur laporan keuangannya dengan baik. Supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan perusahaannya. Selain itu, untuk menghindari penyimpangan di dalam keuangan perusahaan maka perlu dilakukan analisis pada laporan keuangan tersebut.

Hal itu dilakukan untuk memperbaiki penyimpangan keuangan yang telah terjadi, sehingga perusahaan yang mereka pimpin dapat berjalan dengan baik dan berkembang pesat. Demikian artikel tentang analisis laporan keuangan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pemimpin dan calon pemimpin dalam mengatur keuangan perusahaan mereka.

Salam Pencerahan!


ABOUT THE AUTHOR TOM MC IFLE

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Artikel : Link

Image : Google