Reporter : Arie Dwi Budiawati

Perusahaan ini merilis fitur tanda tangan digital di online trading system syariahnya.

Dream – PT Mandiri Sekuritas mempermudah masyarakat Indonesia untuk berinvestasi saham syariah. Perusahaan ini melengkapi layanan trading saham syariah, MOST Sharia, dengan fitur tanda tangan digital, MOST DigiSign.

Dikutip dari keterangan tertulis Mandiri Sekuritas yang diterima Dream, Senin 13 Mei 2019, Managing Director Mandiri Sekuritas, Lisana Irianiwati, mengatakan layanan ini bisa menjadi solusi masyarakat yang ingin berinvestasi pada efek syariah di pasar modal Indonesia.

“ Dengan menggunakan teknologi digital signature yang pertama di pasar modal Indonesia, kami menghadirkan MOST Sharia sebagai sarana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada saham-saham syariah secara mudah, aman, dan berkah,” kata Lisana di Jakarta.

Saat ini, lanjut Lisana, minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal secara syariah semakin tinggi, seiring dengan kemudahan akses informasi digital.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat jumlah investor saham syariah di Indonesia hingga kuartal-I tahun ini mencapai sekitar 50 ribu investor. Sementara itu, jumlah saham syariah yang terdaftar di Indeks Saham SyariahIndonesia (ISSI) hingga April 2019 berjumlah 406 saham.

Lisana mengatakan pihaknya menghadirkan fitur ini pada bulan lalu. Fitur ini mempercepat pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah secara online hanya dalam waktu satu hari.

Kehadiran MOST DigiSign semakin melengkapi pengalaman digital sebanyak 101 ribu nasabah Mandiri Sekuritas dalam berinvestasi di pasar modal. Mulai dari pembukaan rekening efek online, aplikasi trading multiplatform MOST, layanan investasi syariah MOST Sharia, layanan reksa dana MOST Fund, serta kelas investasi online MOST Learning.

MOST Sharia merupakan layanan transaksi saham syariah secara daring (online) yang telah memenuhi prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

Sharia online trading system (SOTS) ini merupakan platform yang telah mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Sertifikasi ini dikantongi oleh Mandiri Sekuritas setelah memenuhi prinsip syariah yang ditetapkan melalui fatwa DSN-MUI Nomor 80 Tahun 2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.

Para nasabah yang berinvestasi menggunakan MOST Sharia akan mendapatkan empat manfaat sekaligus. Empat manfaat itu yakni, proses pembukaan rekening efek dan rekening dana nasabah yang lebih cepat dengan menggunakan teknologi digital signature MOST DigiSign, mekanisme transaksi yang amanah sesuai dengan prinsip syariah fatwa DSN-MUI, kemudahan akses melalui berbagai platform (mobile, aplikasi, maupun web), serta fasilitas kelas investasi gratis mulai dari tahap pemula hingga mahir.

“ Sejak diluncurkan pada tahun 2013, jumlah nasabah MOST Sharia terus meningkat dengan pertumbuhan rata-rata 90 persen dalam lima tahun terakhir. Karena itu, kami akan terus memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanan pasar modal syariah melalui inovasi layanan digital MOST,” kata dia. (ism) 

4 Cara Mudah Jadi Investor Pasar Modal Syariah

Lisana mengatakan masyarakat yang ingin menjadi investor di pasar modal syariah melalui MOST Sharia, wajib membuka rekening efek dan rekening dana nasabah. Dengan menggunakan MOST DigiSign, proses tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Langkah pertama adalah mengakses https://www.most.co.id/sharia dan memilih ikon “Daftar”. Lalu, mengisi data dan mengunggah lima dokumen wajib, yakni KTP, NPWP, foto diri, foto tanda tangan, serta copy halaman depan – berisi data nomor rekening dan nama rekening tabungan yang dimiliki.

Memasuki proses akhir, calon nasabah akan melakukan digital signature melalui tautan yang dikirim ke e-mail. Kemudian, Mandiri Sekuritas akan mengirimkan email yang berisi informasi Client ID, User ID, dan PIN.

Setelah rekening efek dan rekening dana nasabah selesai, nasabah dapat melakukan deposit dan memulai investasi di pasar modal syariah dengan menggunakan MOST Sharia.

Nasabah dapat mengikuti kelas-kelas online yang difasilitasi secara gratis melalui platform MOST Learning untuk belajar investasi di pasar modal dari tingkat pemula hingga mahir.

Artikel : DREAM.CO.ID