Sosial media memang fungsinya sangat banyak. Bahkan tak jarang lagi untuk berbisnis online. Tentunya banyak komentar positif dan negatif yang akan Anda dapatkan di layar sosial media Anda.

Baik dan buruk komentar itu bisa berpengaruh loh terhadap bisnis online Anda. Anda harus pandai menganalisa, sekiranya mana yang lebih baik ditanggapi dan ditampilkan di sosial media. Jangan sebel dulu dengan semua kritikan konsumen. Itu malah dapat Anda jadikan tolak ukur sampai mana yang harus Anda benahi.

Saya akan menyampaikan tips nih untuk Anda para pembisnis online.

1. Terima pesan yang masuk
Ada pesan pada halaman sosial media Anda? Tentu pastinya ya. Setiap pesan yang masuk tentu harus diterima, upayanya sih biar Anda tahu apa permasalahan dan cara mengatasinya.

2. Take a screenshot

Jika ada pesan tentunya Anda baca pasti, ya kan? Supaya tidak hilang, Anda bisa mengarsipkannya dengan cara screenshot percakapan. Apa sih fungsinya dokumentasi foto? Tentunya sebagai arsip untuk evaluasi dan pengembangan selanjutnya.

3. Jangan hapus komentar yang ada

Komentar buruk dari pelanggan terlanjur masuk ke halaman sosial media, trus apa yang akan diperbuat? Apakah di hapus? Sebaiknya Anda biarkan saja deh! Mau buruk atau baik komentar mereka, semua bisa jadi baik tergantung tanggapan Anda. Transparansi itu penting! Bisnis Anda akan mendapat nilai plus dari konsumen bila melakukannya.

Penting itu untuk menjawab pertanyaan tanpa emosi. Seperti apapun yang dikatakan konsumen karena merasa tidak puas. Anda sebaiknya memberikan jawaban yang baik dan menenangkan konsumen.

4. Segera balas setiap komentar atau pesan yang masuk

Notifikasi pesan masuk tentu selalu aktif di sosial media bisnis Anda. Cepat, sergap dan tanggap! Ya, seperti itu tindakan yang sebaiknya Anda lakukan untuk menjawab setiap komentar yang masuk. Kebiasaan menunda respon pesan masuk itu tidak baik. Anda jangan sampai memberi kesan mengabaikan pesan atau komentar dari sang konsumen.

Setidaknya, Anda maksimal membalas sejam setelah pesan diterima. Apa Anda merasa kerepotan? Saya rasa Anda perlu bantuan departemen terkait untuk menjawab pertanyaan.

5. Tetap menjaga prinsip dari bisnis kita

Apakah pelayanan Anda terhadap konsumen masih standar? Tingkatkan sistem pelayanan Anda. Anda bisa menambah dengan membuka layanan pelanggan melalui sosial media sekalipun. Konsumen akan merasa mendapat pelayanan dimana saja dan kapan saja.
6. Berikan respon terhadap para komentator

Siapapun sang pengirim komentar pastikan Anda respon seluruhnya. Kelihatan seperti pilih – pilih sebaiknya Anda hindari. Responnya tentu menjawab solusi dari permasalahan konsumen. Meminta maaf juga perlu Anda lakukan. Jangan lupa apalagi sungkan untuk meminta maaf!

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://demo.topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– 7 Cara Mengetahui Contoh Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Untung Besar
– 5 Rahasia Menjadikan Produk Anda Bertahan Lama Di Pasaran
– 7 Cara Pemasaran Produk yang Efektif dan Cepat
– 3 Hal yang menjadi Modal Bisnis Sesungguhnya
– Cara Membuat Bisnis Online bagi Para Pemula

Salam Pencerahan,
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur


Artikel : Link

Image : Google