Menjalankan bisnis pasti akan selalu dihadapkan dengan masalah demi masalah dan kita harus siap untuk menjalaninya. Juga bisnis yang mendapatkan kucuran dana dari Investor tidak terhindar dari masalah yang timbul. Ada kalanya Investor bersemangat tapi bisnis semakin lesu atau sebaliknya, bisnis sedang kuat tapi Investor lesu.

Jika bisnis yang lesu mungkin masalah bisa diatasi dengan inovasi atau tambahan dana lagi dengan melakukan intensifikasi pada bagian tertentu. Tapi bagaimana jadinya jika justru Investor yang lesu. Artinya bisa jadi pendanaan dihentikan, terhambat atau keuangan Investor tidak stabil.

Meskipun faktor risiko perusahaan kolaps karena Investor lesu cukup minim, sedangkan sebagian besar bisnis Start Up gulung tikar karena faktor pasar yang tidak mendukung. Seperti Shopious yang baru-baru ini gulung tikar karena persaingan kurang sehat, mayoritas pembeli online mencari harga murah, diskon dan promo sedangkan bisnis ini bersaing dengan kualitas.

Investor lesu sangat mungkin terjadi jika kinerja bisnis tidak sesuai harapan atau iklim keuangan makro sedang tidak bagus. Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut ini berbagai cara yang harus dilakukan jika Anda sebagai pebisnis Start Up harus bersaing secara sehat saat Investor lesu :

1. Melakukan Efisiensi Anggaran dan Prioritas Kebutuhan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mulai memperkirakan Investor akan lesu adalah dengan melakukan efisiensi anggaran dan menentukan kebutuhan yang paling prioritas. Terutama bagi bisnis yang menjadikan investor sebagai motorik utama penggerak bisnis.

Hal ini sangat penting karena jika Investor berhenti memberikan dana maka bisnis otomatis akan tutup. Pastikan penghematan ini tidak mengganggu sirkulasi bisnis dan tetap menjaga cashflow tetap aman. Bisnis semacam ini biasanya banyak mengeluarkan modal untuk operasional dan hasilnya baru akan terlihat setelah beberapa tahun yang akan datang.

2. Menghitung kembali perkiraan Target Masa Depan

Masa depan bisnis memang dipertaruhkan ketika Investor mulai lesu, jangan sampai perhitungan dengan dana yang sesuai kesepakatan di awal digunakan semua dan mendadak Investor memangkas anggaran. Ini tentu sangat berpengaruh terhadap target dan masa depan bisnis Anda.

Anda harus memperkirakan kembali penggunaan dana dan operasional masa depan bisnis. Hitung kembali dengan benar dan jangan sampai menjadi hambatan yang membuat bisnis Anda lambat laun menjadi redup.

3. Hindari Spekulatif terlalu Besar

Ada kalanya ketika menjalankan bisnis harus dijaga tetap konstan dan ada kalanya harus diulur sebaik mungkin. Seperti halnya orang bermain layangan, kala angin bertiup kencang maka benang harus diulur dan kala angin melemah maka benang harus ditarik. Begitu pula bisnis, ketika modal siap untuk bergerak lebih jauh maka bergeraklah tapi jika kira-kira akan lesu maka mulai bertahanlah.

Meskipun bisnis yang Anda jalankan tidak sepenuhnya mengandalkan dana dari investor, tapi ini juga akan berimbas panjang pada perencanaan keuangan, cashflow dan manajemen produksi yang telah diterapkan.

4. Gunakan Pertimbangan Investor akan Lanjut atau Tidak

Saat Anda mengalami Investor yang lesu, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama Investor akan terus mendanai tapi dengan jumlah yang lebih sedikit atau bahkan dihentikan. Jika terus didanai dengan jumlah sedikit, kita masih bisa spekulasi dengan merampingkan pengeluaran dan melakukan efisiensi keuangan.

Tapi bagaimana jadinya jika Investor mendadak dihentikan. Hal ini seharusnya sudah diperkirakan oleh pebisnis sejak awal menandatangani kontrak. Bagaimana jika berhenti di tengah jalan dan sebagainya. Jika ini terjadi maka hal yang harus dilakukan adalah mencari jalan keluar agar bisnis tidak gulung tikar.

Caranya bisa mencari pendanaan lain, menggunakan pendanaan sendiri atau melakukan bootstrapping dengan menggenjot bagian-bagian dari bisnis yang sangat menguntungkan. Konflik ini memang sangat sulit, tapi bisa diatasi jika kita terus berusaha memahami solusinya.

5. Cari Pendanaan dari Pihak Lain jika memungkinkan

Nah, jalan terakhir jika sudah tidak memungkinkan lagi untuk menjaga dari satu Investor maka kita harus segera mencari Investor lain. Bisa dilakukan dengan menawarkan saham, menjual presentase kepemilikan atau menambah joint venture yang siap mendanai beberapa bagian bisnis.

Banyak orang menilai bahwa Bisnis Start Up di Indonesia adalah tempat bakar uang sebesar-besarnya karena kompetisi modal menjadi hal yang harus dipenuhi. Hampir semua Start Up di Indonesia berhasil karena memiliki pendanaan yang kuat dan tim yang solid.

Permodalan dari Investor atau yang dikenal dengan Venture Capital memang menjadi faktor utama bertahannya bisnis terutama yang bergerak di bidang digital. Banyak diantaranya yang gagal karena permodalan kurang kuat dan ada bisnis sejenis lain yang lebih kuat modal. Sebut saja YessBoss atau FoodPanda yang kalah dengan Go food dari Go-Jek. YessBoss akhirnya vakum dan mencari cara baru, sedangkan FoodPanda harus berpindah ke negeri lain.

Ada pula Shopious yang gulung tikar meskipun konsep bisnisnya sangat bagus dan barang yang dijual bagus. Tapi sayangnya Aditya Herlambang kurang bisa memecahkan masalah dengan hanya mengandalkan modal bootstrapping. Akhirnya harus gulung tikar dan tergantikan oleh bisnis lain yang lebih kuat modal.

Setidaknya tahun 2016 lalu ada 87 Start Up Indonesia yang sukses mendapatkan pendanaan sangat besar. Diantaranya adalah Go-Jek dengan investasi US$550 juta (sekitar Rp7,4 triliun) dari beberapa Investor sekaligus yaitu KKR, Warburg Pincus, dan Sequoia. Juga ada Tokopedia yang mendapat US$147 juta (sekitar Rp2 triliun) dan MatahariMall dengan tambahan investasi US$100 juta (sekitar Rp1,3 triliun).

Menggunakan Dana Investor adalah pilihan yang bijak, tapi tentu saja harus dengan segala pertimbangan yang mungkin terjadi. Misalnya dengan memperbanyak sumber Investor agar bisa memastikan pendanaan kuat dan sebagainya.


Salam Pencerahan!
TOM MC IFLE
* Indonesia’s #1 Business Coach
* Lean Six Sigma Coach
* Certified Matriz Level 1 Facilitator
* CEO Top Coach Indonesia


http://topcoachindonesia.com/cara-start-up-bersaing-sehat-saat-investor-lesu/

Picture source : by google