Seorang pekerja marketing akan selalu dituntut untuk dapat mencapai target yang sudah ditentukan pimpinan sebelumnya. Oleh karena itu, cara marketing dalam bekerja sangat perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan akan mempengaruhi hasil pemasaran. Mereka harus mempunyai strategi khusus untuk membuat produknya laris di pasaran. Semakin laris produk di pasaran, semakin besar keuntungan yang diperoleh. Hal inilah yang diinginkan setiap perusahaan.

Make-Your-Sales-Promotions-EffectiveStrategi yang dapat dilakukan misalnya, melakukan promosi. Hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan memberikan diskon pada produk tertentu. Diskon juga dapat diberikan kepada semua produk, namun ada batas waktu diskonnya. Promosi juga dapat dilakukan dengan memberikan bonus untuk setiap pembelian produk. Jumlah bonus tergantung dengan jumlah produk yang dibeli. Hal ini akan menyebabkan orang beramai-ramai membeli, sehingga produk akan terjual dalam waktu singkat.

Related Article : Langkah Kerja Marketing untuk Memaksimalkan Hasil

Selanjutnya, kenali produk apa yang sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Tingkatkan kinerja penjualan produk yang sedang menjadi pusat perhatian masyarakat pada waktu itu juga. Strategi ini dapat membuat jumlah penjualan meningkat dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan produk yang dijual memang sedang menjadi keinginan masyarakt pada saat itu.

Selain kenali produk yang sedang jadi perbincangan, kenali juga harganya. Jangan sampai harga yang ditawarkan lebih tinggi dari harga pasarannya. Hal ini mengakibatkan konsumen berpaling ke produk lain. Selain perhatikan harga, perhatikan juga kualitasnya. Jangan sampai kualitas produk yang diberikan lebih rendah daripada produk perusahaan lain.

Berikan garansi untuk setiap produknya. Hal ini sangat diperlukan untuk menciptakan kepercayaan konsumen. Jika konsumen percaya bahwa produk yang dijual tersebut terjamin kualitasnya, maka mereka akan membeli produk tersebut. Adanya garansi produk tersebut merupakan merupakan salah satu bentuk pelayanan terhadap konsumen.

jasa-pengiriman-barang

Berikan contoh pendapat konsumen terhadap produk Anda, tentunya yang ditampilkan adalah pendapat yang baik. Jika konsumen melihat banyaknya pendapat baik mengenai kualitas produk, akan menciptakan kepercayaan konsumen. Hal ini disebabkan konsumen telah melihat sendiri hasil pemakaian produk dari konsumen yang telah mencobanya. Hal ini perlu dilakukan untuk melariskan penjualan produk Anda.

Related Article : Pentingnya Membentuk Marketing dalam Bisnis Baru

Lakukan promosi dengan berbagai media. Cara ini akan memperluas jalur pemasaran Anda. Promosi dapat dilakukan melalui brosur, spanduk, baliho, telepon, email, atau media sosial yang saat ini sedang berkembang. Melalui media tersebut diharapkan dapat menjangkau seluru lapisan masyarakat. Sehingga produk dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Review cara marketing yang pernah Anda gunakan terhadap konsumen yang telah menggunakan produk Anda di waktu yang lalu. Hal ini sama seperti mengulang strategi keberhasilan di masa yang lalu, untuk memperoleh kembali konsumen di masa sekarang. Hal ini juga perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat kinerja Anda.

jualan dalam waktu singkat

Jika Anda ingin menjual produk, Anda harus tahu benar mengenai detail produk tersebut. Pengetahuan terhadap produk perlu ditingkatkan, agar Anda dapat menjadi konsultan bagi konsumen. Biasanya orang akan lebih tertarik kepada pendapat atau saran dari orang yang memang sudah ahli di dalamnya. Oleh sebab itu, buatklah diri Anda agar bisa meyakinkan konsumen bahwa Anda memang seorang ahli di bidang tersebut.

Konsumen adalah pemberi keuntungan. Cara marketing yang baik adalah dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Lakukan cara komunikasi yang baik, dengan bersikap ramah dan sopan. Jika konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan, maka akan menumbuhkan keinginan mereka untuk membeli dan menjadi pelanggan di perusahaan tersebut.

Larisnya produk dalam waktu singkat, akan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan. Bagian pemasaran perlu mengetahui cara marketing yang baik untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga perlu diperhatikan cara yang telah disebutkan di atas tadi, terutama pelayanan terhadap konsumen. Pelayanan konsumen perlu ditingkatkan untuk menciptakan kepuasan konsumen, yang merupakan tugas utama bagian marketing.

Salam Pencerahan!

ABOUT THE AUTHOR TOM MC IFLE

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Artikel : Link

Image : Google