Tuntutan gaya hidup praktis mahasiswa membuka banyak peluang Bisnis Usaha. Area kampus merupakan ladang uang yang strategis untuk mengembangan ide dalam sebuah karya. Ribuan pelajar dari berbagai daerah menetap relatif lama di tempat tersebut. Sigap dan tanggap melihat sinyal bisnis ialah cara mendapatkan keuntungan finansial. Berikut paparan mengenai referensi bidang usaha yang menjadi primadona di kalangan mahasiswa.

  • Properti

Bisnis properti seperti kos-kosan, kontrakan, rusunawa dan ruko memang membutuhkan modal dana besar. Invetasi ini akan cepat menghasilkan kentungan finansial dalam waktu singkat. Jual beli atau persewaan properti di sekitar kampus memiliki prospek sangat baik. Lahan tidak mungkin diperlebar, harga barang properti meningkat dari tahun ke tahun. Hal pertama yang dicari mahasiswa baru ialah tempat untuk tinggal sementara.

  • Kuliner

Kebutuhan akan pangan mutlak harus terpenuhi agar keberlangsungan hidup tidak terganggu. Berbisnis dibidang kuliner ialah cara yang tepat untuk memutar uang lebih cepat. Aktivitas di pagi hari dimulai dari sarapan, berlanjut saat jam istirahat dengan makan siang serta ditutup oleh makan malam.

Anda cukup memilih salah satu jam makan saja agar lebih fokus dan terarah. Pilihan yang tepat ialah menu sarapan, seperti bubur ayam, ketoprak, nasi uduk dan lainnya. Makan di pagi hari merupakan cara untuk menyimpan tenaga fisik dan memaksimalkan kinerja otak.

  • Laundry

Kesibukan mahasiswa membuat kegiatan mencuci barang milik pribadi menjadi prioritas kesekian. Tugas kuliah lebih diutamakan daripada mengurus kebutuhan diri sendiri. Jasa laundry pakaian, sepatu, tas dan sprei dapat Anda jadikan bisnis rumahan.

Rutinitas yang pasti dilakukan ibu rumah tangga ini bisa menambah penghasilan jika ditekuni. Peralatan tentu sudah dimiliki, berupa mesin cuci dan setrika. Ajaklah tetangga sekitar untuk membantu Anda menangani Bisnis Usaha tersebut. Bukalah cabang di beberapa titik keramaian untuk mencegah kalah saing dengan kompetitor yang meniru jejak bisnis Anda.

  • Percetakan

Mayoritas laporan perkuliahan tersaji dalam bentuk cetak, mulailah usaha dibidang ini. Beberapa jenisnya yakni rental komputer, fotokopi, penjilidan soft dan hardcover. Lengkapilah dengan menyediakan perlengkapan yang menyangkut dengan kebutuhan laporan, berupa alat kerja kantor.

Semua jenis yang telah disebutkan bisa Anda kemas menjadi satu di sebuah tempat yang sama. Efisiensi dana dapat ditekan terkait dengan pengadaan tempat usaha. Keuntungan berlipat karena lebih dari satu jasa yang Anda tawarkan. Rekrut pekerja yang memiliki keahlian ganda guna memangkas alokasi dana untuk membayar pekerja.

  • Travel

Bisnis jasa antar menjadi pilihan menarik ketika musim liburan tiba. Tingginya harga tiket yang ditawarkan tidak menjadi masalah bagi para perantau. Terlebih jika momen spesial tiba, seperti lebaran, natal dan tahun baru. Berkumpul dengan keluarga di rumah merupakan tujuan utama mereka. Solusi untuk mencegah usaha travel berhenti di saat perkuliahan aktif yakni menyewakan aset yang ada. Rental mobil masih banyak diminati kalangan umum dan mahasiswa. Awali Bisnis Usaha yang berbeda dan jemput keberhasilan lebih cepat dari pada orang lain.

Tidak ada batasan kreativitas perwujudan gagasan baru di dunia bisnis. Catatan pentingnya ialah fokus ke semua lini yang telah dipilih. Pengusaha sukses umumnya memiliki lebih dari satu Bisnis Usaha yang digeluti. Hal ini merupakan antisipasi jika salah satunya mengalami kebangkrutan. Bantuan dana dapat dialiri dari bidang usaha yang telah berkembang pesat. Keuntungan yang diperoleh akan berlimpah ketika semua bisnisnya telah stabil.



Salam Pencerahan,
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur


Article :Link

Image : Google