Peluang sukses selalu terbuka lebar bagi siapapun. Mungkin Anda masih sangatlah muda, tetapi itu bukanlah alasan untuk meraih kesuksesan lebih cepat. Banyak orang di usia muda berhasil mendapatkan kehidupan yang layak dan itu diwujudkan dengan membangun bisnis sedini mungkin.

Mengapa harus usia remaja?

Usia remaja selalu memiliki gairah atau semangat yang berapi-api dan tidak terkendali. Antusiasme dan semangat mereka yang membuat mereka pantas untuk memulai bisnis di usia muda. Terlebih dari survei yang dilaporkan oleh Kauffman Foundation, bahwa terjadi peningkatan pebisnis muda dari awalnya 19 persen menjadi 25 persen. Itu artinya, banyak anak muda yang mulai sadar untuk mengejar kesuksesanya dalam bisnis.

So, kalau Anda di usia remaja dan ingin membangun bisnis, jangan takut. Karena dalam bisnis, tekad dan kemampuan melihat peluang yang sanggup membawa kalian ke kancah persaingan bisnis global. Bisa dilihat Mark Zuckerberg pelopor Facebook, Larry Page penemu Google, atau di dalam negeri ada Putri Tanjung, diusia 15 tahun ia berhasil mendirikan bisnis Jasa event organizer. Dea Valencia, umur 14 tahun sukses menjadi pengusaha batik.

Intinya, usia muda jangan dijadikan alasan untuk tidak memulai bekerja dan menjalankan sebuah usaha. Justeru diusia muda itulah peluang besar akan kalian raih. Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apa sebenarnya kelebihan bisnis di usia muda? Ada banyak alasan yang mungkin bisa kalian dapatkan, tapi intinya ada beberapa hal yang harus disyukuri dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

#Semangat untuk Bangkit

Usia remaja mempunyai ketahanan mental yang luar biasa. Selain punya waktu panjang, usia remaja mempunyai pengetahuan atau akses informasi yang luas. Mereka juga tidak takut apabila ada hal-hal sulit, justeru dengan adanya tantangan maka mereka akan terus mencari solusinya dan jika gagal, maka mereka akan cepat bangkit.

Hal inilah yang bisa Anda ambil contoh dari sebuah film animasi Big Hero 6, yang disutradarai oleh Don Hall dan Chris Williams. Film tersebut mengisahkan seorang anak 14 tahun bernama Hiro Hamada. Dia mempunyai bakat dan potensi yang luar biasa dan anak ini sangat tergila-gila dengan robot dan teknologi. Namun sayang, Hiro memanfaatkan kecerdasanya hanya untuk bermain-main dan bertanding robot dijalanan.

Akhirnya, kakaknya, Tadashi mencoba mengarahkan bakat Hiro kepada hal yang lebih positif. Kegilaan Hiro akan pengetahuan semakin menjadi-jadi saat bertemu teman-teman kakaknya. Semua bisa menciptakan sebuah penemuan geniusnya.

Tapi dipertengahan jalan, Hiro harus kehilangan kakaknya Tadashi karena sebuah insiden kebakaran. Tentu hal ini sangat membuat Hiro terpukul dan menyalahkan diri sendiri akan kematian kakaknya.

Tapi, tak lama kemudian “baymax”, robot ciptaan Tadashi muncul. Secara tidak sadar, semangat yang pernah hilang dalam diri Hiro kembali muncul. Dalam waktu singkat, akhirnya Hiro bangkit dan tidak disangka-sangka Hiro berhasil menciptakan sebuah penemuan yang sangat dibutuhkan oleh dunia, yakni Microbot.

Kisah dari film animasi tersebut memanglah bukan hal nyata dalam kehidupan, tetapi ia merupakan sebuah cerminan dari semangat anak muda yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

Nah, begitu juga dalam bisnis. Banyak resiko yang harus dihadapi oleh seorang anak muda, tetapi itu bukan untuk dihindari. Anggap itu adalah tantangan, dimana melalui tantangan tersebut Anda akan menemukan kesuksesesan terbesar Anda.

“If you ever think you’re too small to be effective, you’ve never been in bed with a mosquito!” — Wendy Lesko

#Melihat Mimpi bagian terbaik dari kehidupan

Anak muda selalu percaya diri dengan mimpinya. Hal akan sangat mengecewakan kalau ternyata mimpi itu disia-siakan. Padahal, mereka mampu melihat potensi untuk mengubah dunia sebagai pengalaman yang hebat dan punya tekad untuk menikmati setiap perjalanan yang mereka lalui.

Mereka tidak pernah mengAndalkan warisan yang sudah ada untuk melindungi masa depan mereka. Anak muda yang produktif selalu mengukir prestasi untuk bisa hidup sampai tua nanti.

Bahkan bungkarno pun percaya bahwa pemuda mempunyai kemampuan dan potensi yang luar biasa, “Beri aku 10 pemuda, maka aku akan guncangkan dunia.”

#Optimisme

Seorang pengusaha di usia muda yakin bahwa bisnis yang ia tekuni nantinya akan membawakan masa depan yang lebih baik bagi dirinya, keluarganya, teman atau bahkan semua orang.

Pengusa muda memiliki sikap optimisme dan fokus yang luar biasa guna mencarikan problem solving dengan kemampuan dan keberanian yang mereka miliki.

Ingat, membangun bisnis di usia muda merupakan pilihan tepat bagi Anda. Jangan disia-siakan dan jangan pula merasa menyesal karena telah terjun di dunia bisnis.

“…Kegagalan hanyalah situasi tak terduga yang menuntut Anda ke dalam makna positif. Ditemukanya Amerika Serikat merupakan hasil dari kegagalan total sebab columbus sebenarnya yang ingin mencari jalan ke Asia.”_Eugenio Barba

 

SALAM PENCERAHAN,

TOM MC IFLE


ARTICLE SOURCE  : HTTP://TOPCOACHINDONESIA.COM/BANGUN-BISNIS-DI-USIA-MUDA/

PICTURE SOURCE : BY GOOGLE