Pada saat belajar, bekerja atau melakukan aktivitas lainnya maka Anda membutuhkan konsentrasi. Setiap orang memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda – beda. Ada yang hanya bisa bekerja di ruang sepi atau sunyi untuk mendapatkan konsentrasi, ada juga yang tidak terusik walaupun berada di tengah – tengah keramaian.

Hal ini semua bergantung dari setiap individu sendiri. Konsentrasi juga dapat dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu memiliki pola hidup yang sehat. Ketika tubuh Anda sudah merasa sehat maka secara otomatis konsentrasi atau fokus juga bisa meningkat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, antara lain :

Networking

Related Article : Bahaya Berfikir Positif Bagi Karyawan Anda

Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Memiliki pola hidup yang sehat merupakan kewajiban dari setiap orang. Terlebih untuk mereka yang memang memiliki aktivitas cukup padat. Sarapan, jogging dan mengkonsumsi buah – buahan secara rutin juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Konsentrasi dapat tumbuh ketika Anda bisa menjaga kesehatan tubuh. Pada saat tubuh sudah merasa tidak fit, maka setiap kegiatan yang dilakukan tidak akan bisa menjadi maksimal.

Tidak Bekerja secara Multitasking

Setiap orang memiliki tingkat konsentrasi dan kemampuan mengelola yang berbeda – beda. Ketika Anda ingin lebih berkonsentrasi pada saat bekerja, cobalah untuk mengerjakan satu buah pekerjaan dalam satu waktu sampai pekerjaan itu selesai. Caranya dengan mendahulukan pekerjaan yang menurut Anda lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan, sehingga tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Menjadi multitasking tidak selamanya baik untuk kondisi Anda dan untuk hasil kerja yang diberikan.

Istirahat secara Berkala

Kelelahan dapat menyebabkan konsentrasi menjadi menurun. Anda tidak bisa menjamin pada bekerja tanpa henti, maka pekerjaan dapat selesai dengan hasil yang lebih baik. Ambillah waktu untuk isitirahat secara berkala dan gunakanlah semaksimal mungkin. Jangan mengabaikan waktu istirahat dan memaksa tubuh melanjutkan pekerjaan. Waktu luang juga dapat digunakan untuk melatih konsentrasi dengan cara yang cukup menyenangkan, salah satunya dengan bermain game yang bisa untuk mengasah konsentrasi secara ringan.

Bekerja menggunakan Meja Kerja

Tanpa disadari karena ingin merasa lebih santai, maka Anda sering membawa pekerjaan di atas tempat tidur. Tetapi hal ini malah membuat menjadi tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Hal itu disebabkan karena ada keinginan untuk tidur dan malas melanjutkan pekerjaan. Oleh karena itu lebih baik cobalah tertib menyelesaikan pekerjaan di atas meja kerja Anda. Selain itu buatlah meja kerja menjadi sekondisional mungkin, sehingga dapat membantu meningkatkan produktifitas dalam bekerja.

Belajar Hal Baru

Ada banyak cara yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi pada saat bekerja, selain itu juga bisa banyak belajar hal baru di lingkungan sekitar. Contohnya seperti belajar materi atau pengetahuan yang baru, bahasa atau bahkan belajar memainkan alat musik. Selain itu lakukan hal ini sedikit saja setiap harinya dan dengan jarak belajar yang rutin dilakukan. Maka Anda akan terbiasa belajar hal – hal kecil dan ini akan membuat menjadi berkonsentrasi untuk belajar hal yang lebih besar.

Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan

Apabila Anda merasa lebih nyaman bekerja dengan mendengarkan musik, maka lakukanlah. Apabila Anda ingin bekerja di luar ruangan kerja, maka lakukanlah. Melakukan aktivitas yang dapat membantu bekerja dengan lebih maksimal. Aktivitas yang menyenangkan akan membuat mood menjadi lebih baik dan tentu juga akan berefek pada kegiatan serta konsentrasi kerja. Selain itu Anda juga bisa mengambil waktu untuk libur dan pergi mengunjungi tempat supaya merelaksasikan pikiran. Abaikan segala jenis beban pikiran ketika sedang berlibur. Hal ini tentu akan membuat Anda mendapatkan semangat dan mood yang lebih baik.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melatih fokus dan konsentrasi dalam bekerja. Anda bisa melakukan hal – hal diatas supaya konsentrasi kerja dapat segera kembali dan lebih bersemangat dalam bekerja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua yang ingin lebih berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan dalam kantor.
Salam Pencerahan,

Tom Mc Ifle

Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur


Artikel : Link

Image : Google