Indonesia memiliki 2 kelebihan yang tidak terdapat di negara lain, yakni luasnya wilayah dan kreativitas tinggi masyarakatnya. Cadangan sumber daya alam merupakan dasar kemunculan gagasan Bisnis Indonesia dapat menarik perhatian mata dunia. Bahan baku sederhana disulap menjadi karya bernilai tinggi oleh tangan dingin anak bangsa.

Nama negara kita mulai diperhitungkan di kancah Internasional dengan produk bisnis yang menunjukkan kualitas kian prima. 5 bidang berikut ialah lini bisnis asli Indonesia yang akrab ditelinga warga seluruh dunia.

Tempe

Olahan fermentasi kacang kedelai berupa tempe memiliki nilai gizi yang tinggi. Rasanya gurih dan lezat, serta cocok di lidah konsumen global, seperti Amerika Serikat, Turki, Jepang dan negara maju lainnya. Tidak ada yang spesial mengenai bahan baku dan cara pengolahannya, sama persis dengan yang di lakukan di Indonesia.

Perbedaan terletak pada kemasan dan varian rasa tempe, serta tempat pemasarannya. Jelas kebersihan dan penampailan luar tempe harus bisa menyesuaikan dimana kelak akan dijual. Pasar tradisional ialah tempat tempe dapat di temukan di negara ini. Pembungkusnya yakni daun-daunan dan plastik putih dengan rasa original saja.

Kemajuan teknologi di luar negeri menciptakan tempe menjadi beraneka rasa siap olah, misalnya manis, pedas dan asin. Bumbu yang dicampurkan saat proses pembuatan menjadikan cara pengolahan selanjutnya lebih praktis. Tersedia di pusat perbelanjaan dan dikemas sesuai selera penduduk setempat.

Kain khas

Jenis kain di Indonesia mudah diingat dan dikenali ketika dipakai oleh bintang atau pejabat dari negara lain. Beberapa yang banyak diguanakan ialah tenun, songket dan batik. Tiap daerah memiliki corak yang berbeda-beda, Bisnis Indonesia dibidang fashion kini banyak yang sedang memadukannya. Contohnya kombinasi antara batik daerah Jawa dan Papua. Pemilihan motif batik, warna dan model menghasilkan karya yang sangat menawan. Pemanfaatan kain tidak hanya sebatas untuk pakaian, melainkan aksesoris pelengkapnya pun juga bisa.

Perabot kayu

Bisnis perabot kayu dalam negeri dapat mendunia karena kualitas bahan baku dan ciri aksennya. Spesies yang paling terkenal yaitu kayu jati, ketahanan terhadap kelapukan lebih tinggi dibanding jenis lain. Beberapa produsen juga ada yang menggunakan kayu mahoni, kayu asal Kalimantan dan Bengkirai.

Habitat jati ialah tanah tandus dengan kadar air yang minim. Lokasi seperti ini sangat mudah ditemukan di Indonesia sehingga cadangan kayu jati masih banyak. Ukiran sebagai pemanis aksen hanya dapat dibuat oleh seseorang yang memiliki keahlian tersebut. Jepara terkenal dengan detail ukiran yang sangat indah.

Perhiasan

Sumber daya alam, pengrajin dan desainer perhiasan bekerjasama membangun Bisnis Indonesia untuk menghasilkan karya apik berharga tinggi. Emas sebagai bahan utama, ditambah sentuhan batu mulia dan mutiara makin memberi kesan mewah. Harga yang ditawarkan sebanding dengan apa yang pelanggan dapatkan.

Perancang perhiasan asal Indonesia menemukan inspirasi berdasarkan tempat dimana bahan itu diperoleh. Mutiara hitam di perairan Lombok banyak di lirik wisatawan asing karena kelangkaan yang hanya bisa ditemukan di sana.

Pengobatan alternatif

Bahan obat herbal nyatanya lebih baik dan terbukti ampuh mengobati berbagai penyakit. Tanaman-tanaman berkhasiat yang hanya dapat tumbuh di iklim tropis membuka peluang bagi pengusaha ekspor Indonesia. Sesampainya di negara pemesan, biasanya bahan mentah diolah dan dikemas secara modern. Praktis dan instan ialah produk yang diminati masyarakat asing.

Lima besar Bisnis Indonesia yang telah dipaparkan merupakan tanda bahwa negara ini memiliki potensi untuk berkembang lebih luas. Jangan merasa rendah diri dengan kecanggihan teknologi yang belum kita miliki. Perlahan, sumber daya manusia sudah banyak yang menimba ilmu di luar negeri. Hasilnya pasti akan dibawa untuk memajukan tanah kelahiran mereka agar dapat bersaing di pasar internasional.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara menciptakan Business System yang efektif. Untuk informasinya Anda dapat klik link ini : http://demo.topcoachindonesia.com/bisnis/

Related Articles :
– Trend Bisnis 2015 paling banyak dilakukan Pemula
– Bisnis Usaha Paling Populer di Kalangan Mahasiswa
– Strategi Memaksimalkan Keuntungan Bisnis Online
– Cara Bisnis Laris Manis di Tengah Pesaing
– Mengapa Pemasaran Penting? Untuk itu penting baca artikel ini

Salam Pencerahan,
Tom Mc Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur


Artikel : Link

Image : Google