Hari ini saya mau sharing tentang 3 sumber cash flow dalam perusahaan yang perlu teman-team ketahui agar bisa menjalankan bisnis dengan benar dan lancar.


Alasan pentingnya adalah karena saat kita menciptakan bisnis yang sehat dimulai dari cash flow, di akhiri oleh cash flow. Kita dimulai oleh kemampuan kita untuk memiliki modal yang cukup tetapi kita juga harus mengembalikan modal tersebut dalam bentuk uang tunai atau cash keras.

So lets talk about cash flow perusahaan… Cash flow bisa dikatakan raja untuk bisnis karena cashflow adalah darah yang menggalir yang memastikan bisnis anda tetap running. Tetapi banyak sekali bisnis di luar sana tidak betul-betul serius untuk menjalankan cashflow.

Contoh kesalahan pertama adalah bisnisnya masih baru mereka banyak memberikan piutang yang tidak terkendali.  Artinya untuk menaikkan omset mereka mencoba untuk menambah utang piutang apakah ini salah? ini tidak salah tapi kalau tidak terkendali bisnis anda banyak masalah. Karena untuk menjalankan bisnis untuk memutar roda bisnis kita membutuhkan uang tunai,

Baca Juga: 3 Efisiensi Bisnis Menambah Profit

kesalahan yang kedua yang dilakukan banyak pengusaha adalah mereka menumpuk stock menumpuk inventory sehingga jadinya tidak terjual dan akhirnya cashnya cashnya sampai tersendat.

Ada faktor yang ketiga yang dilakukan banyak orang dan menurut saya ini kesalahan yang fatal adalah tidak fokus kepada sales mereka tidak fokus untuk membuat team penjualan mereka benar-benar kuat. okey,

ada 3 ? sumber cash flow perusahaan yang anda harus jaga? pertama adalah uang bisa datang lewat permodalan atau lewat funding. lewat funding berarti ada yang disebut financing cash. anda dapat financing anda dapat funding anda dapat dana anda dapat setoran modal anda dapat investasi itu yang disebut permodalan, bagus nggak? ya bagus kalau anda dapat permodalan berarti anda dapat dipercaya.

Yang kedua adalah anda dapat uang Anda mendapatkan funding uang dari jualan aset misalnya anda punya mobil di jual, anda punya punya apalagi? punya gedung dijual itu menjualin asset-asset, bagus nggak? bagus, tetapi itu bukan cash flow yang sehat,

Baca Juga : Cara Mengatur Sistem Keuangan Dalam Bisnis

yang ketiga cash dari operasional cash operasional lebih penting daripada cash financing atau cash dari jualan asset jadi kalau ditanya 3 hal itu mana yang paling utama, adalah operasional cash operasional yang membuat bisnis anda bergerak dan berjalan secara lebih stabil lebih teratur itu yang disebut operating cashflow. Darimana operating cash flow perusahaan? Operating cashflow 80% datang dari penjualan. sisanya dari piutang sisanya dari piutang penjualan yang rendah piutangnya tinggi maka anda tidak bisa mendanai bisnis anda sehingga harus mencari sumber dana untuk menomboki operasional,

tapi kalau penjualan anda bagus piutang anda bagus pasti terbebas dari yang namanya hutang, so.. jadi kalau bisnis anda ingin sehat kita harus memiliki report yang disebut cashflow statement. cashflow statement saya ajarkan di workshop Business Mastery tetapi untuk melipat gandakan cash anda harus terobsesi dengan sales dan untuk terobsesi dengan sales anda harus kuasai yang namanya closing teknik, closing skills.

ada 10 closing skill yang saya ajarkan di workshop Sales Mastery dan closing skills ini adalah closing skills yang sudah dikatakan approven dan bisa langsung diprektekkan begitu, so buat anda yang ingin belajar closing skill selling skill saya ada workshop di semarang oke, yang anda membutuhkan penjualan anda harus datang ke workshop sales mastery salam pencerahan.

See you next time.. bye


ABOUT THE AUTHOR TOM MC IFLE

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.


Artikel : Link

Image : Google