Apa sih yang membuat Anda susah fokus lagi di kerjaan? Kelamaan liburan sampai lupa dengan tugas yang makin menggunung? Sulit kelihatannya harus kembali beraktivitas setelah libur panjang. Apalagi ditambah pekerjaan Anda jadi bertumpuk – tumpuk. Rasanya melihatnya saja bosan banget. Bagaimana mau fokus ngerjain semuanya?

Alhasil, fokusnya lari – lari entah kemana. Saking sullitnya kembali fokus, pekerjaan jadinya sering ditunda dan akhirnya numpuk. Apalagi saat waktunya mulai semakin dekat deadline, panik dan panik rasanya. Panik yang menyerang pasti membuat Anda jadi sulit berkonsentrasi.

Padahal Anda tentu tahu konsentrasi akan berpengaruh pada kinerja Anda. Konsentrasi gagal didapat, Anda pasti dapat seribu omelan dari atasan. Beruntung jika Anda adalah bosnya atau pimpinan Anda baik hati. Tapi ingat, semua ini bukan seperti di negeri dongeng.

Anda harus bisa mempersiapkan diri. Apalagi di awal pekan sehabis berlibur. Siapa bilang semua itu sulit dilakukan? Ada tips agar Anda bisa tetap fokus kerja walau di awal pekan. So, jangan khawatir, karena disini saya akan bagikan untuk Anda.

  • Matikan telpon seluler (ponsel)

Apakah pekerjaan Anda menuntut Anda untuk bisa kreatif? Kreatif saja harus pastinya konsentrasi juga lah ya. Tahukah Anda apa yang membuat konsentrasi Anda amburadul? Hanya karena sebuah bunyi dering ponsel atau getarannya saja bisa bikin Anda terganggu. Anda pastinya akan terganggu dalam bekerja.

Sebaiknya Anda selalu mengecek keadaan telepon genggam Anda. Anda harus memastikan telpon genggam atau ponsel Anda dalam keadaan mati. Apa manfaat yang akan Anda dapatkan? Tentunya saja Anda fokus dalam menjalankan pekerjaan Anda. Selesai tugas Anda dikantor pastinya Anda bisa mengatifkan telepon genggam atau ponsel lagi.

  • Hindari mengakses media sosial

Sering kali Anda ataupun saya mudah sekali terhipnotis saat membuka media sosial. Rasa kecanduannya bisa – bisa membuat saya atau Anda lupa waktu. Siapa sih yang tidak kenal media sosial seperti Facebook dan Twitter? Apalagi di jaman sekarang, anak sekolah dasar saja sudah ada yang mengenal media sosial itu.

Sebenarnya harus sedih atau bangga ya dengan kemajuan teknologi? Sebenarnya semua tergantung pada diri Anda masing – masing. Bersosialisasi di media elektronik sah – sah saja asalkan jangan membuat lalai pekerjaan Anda.

  • Banyak makan dan bergerak

Banyak makan sih boleh saja asalkan diimbangi sama bergerak. Jika Anda banyak makan ya berarti Anda juga harus banyak bergerak. Semua itu agar pola hidup Anda menjadi seimbang dan tetep fokus dengan pekerjaan. Posisi Anda saat bekerja juga bisa saja mempengaruhi kebosanan. Tapi yang paling penting itu Anda harus menghilangkan rasa malas agar tetap fokus.

Tom MC Ifle
Indonesia’s #1 Success Coach
Lean Six Sigma Coach
Chief Executive Officer PT. Aubade Makmur


Artikel : Link

Image : Google