Bisnis online merupakan sebuah alternatif bisnis yang sangat menjanjikan. Terbukti banyak orang yang berhasil memperoleh omset secara bervariatif. Ada yang ratusan ribu dalam satu hari hingga ratusan juta dalam satu bulan. Namun demikian sama dengan bisnis konvensional, bisnis online memiliki banyak tantangan. Sebaiknya sebelum menjalankan bisnis ini, Anda perlu mengetahui apa saja tantangan yang biasanya dihadapi. Hal tersebut berfungsi agar Anda dapat memecahkan masalah dan meningkatkan kekuatan bisnis di masa depan.

Kompetitor

Tantangan yang pertama adalah pesaing. Hal ini disebabkan karena banyaknya bisnis online yang merambat dan menjanjikan membuat banyak orang menjalankan bisnis tersebut. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan strategi yang tepat. Misalnya, Anda bisa mencari peluang bisnis yang tidak banyak dipikirkan oleh kompetitor. Cara lainnya adalah dengan memiliki ide dan menuangkannya ke dalam pelayanan, atau kreasi produk.

Ulah Konsumen

Ada saja konsumen yang cukup jahil ketika memesan sebuah produk. Jika Anda tidak jeli dalam memiliki sistem, bisa saja konsumen yang memesan produk kemudian tiba-tiba membatalkan tanpa persetujuan Anda. Akibatnya bisa fatal jika barang sudah dikirim ke tempat tujuan. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuat sebuah sistem yang bekerja secara otomatis membatalkan bila dalam beberapa lama konsumen tidak konfirmasi pembelian.

Penipuan

Semakin besar bisnis yang Anda geluti, maka kemungkinan untuk duplikasi atau meniru produk Anda akan semakin banyak. Yang lebih ekstrem adalah ketika ada penipuan yang mengatas namakan bisnis Anda dan mewajibkan pelanggan untuk transfer sejumlah uang. Cara yang paling baik untuk mengatasinya adalah dengan menyebarkan info bahwa bisnis Anda dijalankan pada satu pintu, situs yang resmi.

Hacker

Suka atau tidak suka, hacker juga bisa mengancam keberadaan sistem yang Anda tanam pada bisnis online. Beruntung apabila seorang hacker hanya meretas keamanan dan mengganti tampilan situs dengan gambar yang tidak senonoh. Selain itu, yang lebih berbahaya adalah ketika hacker mencuri berbagai informasi tentang rahasia bisnis Anda dan menyebarkan malware. Cara mengatasinya adalah memasang dan sering melakukan pengawasan terhadap internet.

Perkembangan teknologi

Meskipun membantu cukup banyak, tetapi perkembangan teknologi juga bisa merepotkan Anda sebagai pelaku usaha. Betapa tidak, perkembangan yang cepat memaksa pelaku usaha untuk mempelajarinya dengan cepat. Misalnya, pada era smartphone sistem delivery order lebih laku dengan sejumlah aplikasi dibandingkan dari situs. Untuk mengatasinya Anda harus cepat update informasi terkini.

Musim

Faktor yang satu ini memang tidak bisa diperkirakan, khususnya bagi para pebisnis toko online. Sebab, biasanya pakaian yang laku terjual tergantung pada musim apa yang sedang berjalan. Jika Anda salah membaca musim, maka kerugian yang paling sering dirasakan adalah sepi pelanggan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda memiliki stok yang banyak dari setiap musim, atau cepat beralih dengan produk yang sesuai musim.

Pola makan

Bisnis online memaksa Anda untuk terus menatap layar komputer atau ponsel dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut juga bisa merubah kebiasaan pola makan yang Anda miliki. Pola makan yang tidak benar, akan menyebabkan orang cenderung mudah sakit sehingga akan kesulitan untuk mendapatkan keuntungan. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah tetap menyediakan jam makan secara teratur.

Gaya hidup

Hasil yang menjanjikan akibat bisnis online membuat seseorang mendadak menjadi jutawan. Jika tidak kuat dalam manajemen uang, maka dia akan cenderung mengalami perubahan gaya hidup. Sejatinya perubahan gaya hidup jika dilakukan secara konsumtif akan menghambat pelaku usaha. Sebab, pada akhirnya uang tidak akan bisa diputar untuk usaha lain dan habis dengan gaya hidup pelaku usaha. Untuk mengatasinya Anda bisa langsung mengalihkan keuntungan dengan usaha lain.

Ketidak siapan

Orang akan yakin 100% ketika dia mengalami keuntungan secara terus-menerus. Tetapi, banyak pelaku bisnis yang belum siap untuk menghadapi kerugian. Bisnis adalah sebuah kegiatan yang sangat memungkinkan terjadinya kerugian. Alih-alih terpuruk dalam kerugian, Anda harus berusaha bangkit dan menjadikan kerugian sebagai pengalaman bisnis.

Salam Pencerahan!

ABOUT THE AUTHOR TOM MC IFLE

Dia pernah terpilih menjadi TOP 100 COACH in the World yang terbaik dan tercepat di Platinum Mentor Coach. Pada saat yang bersamaan, penyuka hobi travelling ini mendapat penghargaan Action Man Award Asia Pacific 2007 dan menjabat sebagai Head of Coach Indonesia. Menyandang berbagai sertifikasi dan award, yaitu Exclusive Master License Money Coaching Institute, USA, Master Coach Money Coaching pertama di Indonesia, dan Man of The Year Six of The Best versi Majalah ME Asia, dll.

Artikel : Link

Image : Google